1. Cover Proposal
a. Judul Proposal
b. Nama Pengusaha
c. Tujuan Penyampaian Proposal
2. Surat Pengantar
a. Header surat ( No. Lampiran, Hal, Tanggal)b. Tujuan Pembuatan Suratc. Salam pembukad. Inti Surate. Penutupf. Nama Pembuat surat dan Tanda tangan
3. Data Pribadi
A
|
Nama Pemilik Usaha
|
Mulyadi
|
B
|
Alamat Pemilik Usaha
|
Jl Sanggar Kencana XXIX No 26 Bandung
|
C
|
No Telp/ HP
|
081321158670
|
D
|
Email
|
|
E
|
Nomor KTP Pemilik Usaha
|
1050172210780001
|
F
|
Nomor NPWP Pemilik Usaha
|
34. 506.229.3-429.000
|
4.
Identitas Usaha
A
|
Nama Usaha
|
Bakso Malang Cak Moel
|
B
|
Jenis Usaha
|
Perdagangan
|
C
|
Nama Produk
|
Bakso Malang Cak Moel
|
D
|
Alamat Usaha
|
Jl Sanggar Kencana XXIX No 26 Bandung
|
5.
Tujuan Pembuatan Proposal
Bakso Malang Cak Moel sudah
berdiri sejak 2010 dengan konsep penjualan langsung secara keliling
menggunakan armada gerobak. Saat memulai usaha dimulai dengan 2 gerobak
bakso, saat ini armada sudah berjumlah 6 gerobak dengan 6 orang penjual
keliling sebagai mitra usaha kita , saat ini rencananya akan menambah gerobak
disebabkan masih adanya daerah-daerah yang memiliki potensi pasar cukup baik,
dan untuk itu membutuhkan tambahan modal usaha, sehingga dengan pembuatan proposal
ini bermaksud untuk mengajukan pembiayaan tambahan modal sebesar Rp. 10.000.000
(sepuluh juta rupiah) untuk penambahan
armada gerobak sejumlah 4 buah gerobak.
|
6.
Gambaran Umum Usaha
a. Latar Belakang Usaha
Sebelum memiliki usaha Bakso Malang Cak Moel, saya
bekerja sebagai salah satu pegawai di pabrik pembuatan bakso selama 9 tahun,
sejak 2010 memutuskan untuk memiliki usaha sendiri yang berhubungan dengan
pekerjaan sebelumnya, dipilih bakso malang disebabkan karena di lingkungan
domisili saat ini masih sangat jarang penjual keliling bakso malang selain itu sumber daya manusia sebagai
penjual keliling nya pun tersedia yang berasal dari keluarga di kampung
(garut). Saat memulai usaha dimulai dari dua gerobak untuk wilayah lingkungan
sekitar, sampai saat ini armada sudah berjumlah 6 gerobak dengan are
penjualan yang lebih luas.
|
b. Kondisi Usaha
Saat ini usaha berjalan cukup baik, dengan armada 6 gerobak dengan
6 orang penjual keliling sebagai mitra usaha yang hampir tiap hari berjualan
kecuali saat bulan puasa. Untuk bahan
baku saat ini sudah ada langganan yang dijadikan sumber bahan baku khususnya
untuk daging sapi karena harus memiliki kualitas daging yang baik. Proses
pembuatan bakso dan jualan lainnya (siomay, dan keringan) dibuat tiap hari
sehingga kualitas dagangan terjaga dengan baik. Pembuatan barang dagangan
dibuat sendiri dengan alas an untuk menjaga kualitas dagangan. Saat ini
pesaing untuk jenis dagangan yang sama hanya ada satu, namun pesaing yang sebenarnya
adalah para penjual makanan keliling yang berbeda jenis, seperti mie bakso,
mie ayam dan sebagainya. Margin,
Omset. Target, harga jual
|
d. Strategi Pemasaran Usaha
Untuk pemasaran yang paling penting adalah menjual
barang dagangan yang berkualitas, sehingga konsumen tidak beralih ke dagangan
lainnya, disamping itu kita membuat daerah jualan yang berbeda-beda untuk
setiap penjual gerobak ada yang berkeliling di kompleks perumahan, di lokasi
tempat kerja, dan lokasi sekolah yang cukup banyak di sekitar domisili usaha,
dan setiap harinya para penjual selalu melakukan diskusi untuk area jualannya
masing-masing dan saling member
informasi terkait dengan potensi pasar yang ada, sehingga diharapkan omzet
jualan akan lebih stabil ( 4P)
|
e. Resiko Usaha
Resiko usaha bakso malang terkait dengan bahan baku yang biasanya
tidak fresh, yang dapat menyebabkan produk dagangan berkualitas tidak baik,
serta adanya produk dagangan yang tersisa yang mengurangi keuntungan usaha,
selain itu bila penjual atau mitra usaha kita tidak bisa jualan sehingga
gerobak tidak terpakai, hal ini yang bisa mempengaruhi menurunnya omzet
penjualan.
|
f. Mitigasi Usaha
Untuk mengatasi bila adanya bahan baku yang tidak baik khususnya
daging sapi yang akan membuat bakso tidak berkualitas baik dan daya tahannya
sebentar, maka biasanya bakso tersebut dijadikan bahan untuk pembuatan siomay
basah, dan isian bahan baku keringan dan hal yang sama pun dilakukan untuk
barang dagangan yang tidak laku terjual, sehingga akan meminimalisir
kerugian, dan untuk mengantisipasi gerobak tidak berjalan akibat mitra usaha
tidak bisa berjualan, biasanya kita membuat produk dagangan dengan jumlah yang sudah disepakati
hari sebelumnya untuk jumlah gerobak yang akan beroperasi, sehingga biaya
produksi dapat ditekan.
|
7. Rencana Anggaran Biaya Usaha
a.
Modal Kerja
No
|
Jenis
|
Ukuran
|
Harga
Satuan (Rp)
|
Jumlah
(Rp)
|
1.
|
Bahan baku dagangan :
daging sapi,
tapioca,
terigu,
mie kering,
bumbu,
pangsit,
tahu)
|
4 gerobak
|
200.000
|
800.000
|
Total
|
|
|
b.
Modal Investasi
No
|
Jenis
|
Ukuran
|
Harga
satuan (Rp)
|
Jumlah
(Rp)
|
1.
|
4 set gerobak Alumunium
|
150 cm-75 cm
|
2.000.000
|
8.000.000
|
2.
|
Gas 3 kg dan Kompor
|
4 set
|
120.000
|
480.000
|
3.
|
Mangkok dan alat masak
|
4 set
|
180.000
|
720.000
|
Total
|
|
9.200.000
|
||
Total Modal Usaha
|
|
10.000.000
|
8.
Proyeksi Keuangan Usaha (Per Periode Usaha)
No
|
Uraian
|
Nominal (Rp)
|
||
|
|
Bln-1
|
Bln-2
|
Bln-3
|
1
|
Pendapatan Penjualan
|
23.000.000
|
21.000.000
|
22.000.000
|
|
Pendapatan Lain-Lain
|
|
|
|
|
Total
Pendapatan
|
23.000.000
|
21.000.000
|
22.000.000
|
2
|
Pengeluaran Usaha :
|
|
|
|
|
a. Harga Pokok Penjualan
|
15.000.000
|
15.000.000
|
15.000.000
|
b. Sewa/Kontrak
|
|
|
|
|
c. Gaji Pegawai
|
4.000.000
|
4.000.000
|
4.000.000
|
|
d. Telepon, Listrik dan Air
|
300.000
|
300.000
|
300.000
|
|
e. Transportasi
|
300.000
|
300.000
|
300.000
|
|
f.
Pengeluran
Lainnya
|
|
|
|
|
|
Total
Pengeluaran Usaha
|
19.600.000
|
19.600.000
|
19.600.000
|
3
|
Keuntungan
Usaha
|
3.400.000
|
1.400.000
|
2.400.000
|
9.
Penutup
Demikian proposal ini dibuat dengan data yang sebenarnya dan sebagai
gambaran usaha dalam permohonan bantuan tambahan modal usaha yang sedang dan
akan dijalankan, atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih.
Menghetahui/Menyetujui
Fasilitator
Kelas
Emalia
|
Jakarta, …….Okt 2014
Pemilik Usaha
Mulyadi
|
No comments:
Post a Comment