BEBERAPA KEBIASAAN BURUK

Ada sebuah pepatah dari Mary Kay Ash yang menjelaskan dengan baik tentang bagaimana manusia hidup : “Beberapa orang berpacu melewati kehidupan mereka. Mereka melakukannya lagi dan lagi, dan terkadang mereka tidak sadar ada beberapa hal dan beberapa kebiasaan yang mengganggu kehidupan mereka. Dan ketika mereka menyadari hal itu, sudah terlambat.”

Itu terserah pada Anda untuk menghidupkan hidup Anda dan mengisinya dengan sebanyak mungkin hal untuk membuat hidup Anda maksimal. Anda menjalankan rutinitas Anda, kebiasaan Anda, dan bertanggung jawab atas apa yang Anda lakukan. Tapi jika Anda meningkatkan aktivitas Anda, setiap hari, sedikit demi sedikit setiap harinya, apa yang Anda lihat dalam diri Anda? Apakah Anda bahagia? Mungkin Anda memerlukan pekerjaan baru. Mungkin Anda seharusnya berhenti bekerja dan memulai bisnis Anda. 

Mungkin Anda perlu lebih peka melihat lingkungan Anda. Mungkin Anda harus lebih banyak menghabiskan lebih banyak waktu bersama pasangan Anda. Mungkin Anda memerlukan seseorang yang istimewa dalam kehidupan Anda. Apapun itu, Anda memerlukan perubahan dalam hidup Anda dan mulai berpikir di luar kotak atau bahkan tanpa kotak. Anda perlu mengubah kebiasaan-kebiasaan buruk Anda dalam hidup. Pertama sekali, mengetahui kebiasaan buruk Anda bukanlah tentang kebiasaan seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, dll. 

Jika Anda ingin menikmati hidup Anda, Anda perlu mengubah beberapa hal di bawah ini, yang bisa mengganggu kehidupan Anda.

1.       Melakukan hal yang tidak Anda suka. Tidak peduli apakah hal itu penting untuk Anda, jika itu akan menjadi kebiasaan Anda, Anda perlu menyukai apa yang Anda kerjakan.
 
2.       Berbicara dengan orang yang bisa merusak kepercayaan diri Anda. Anda seharunsya mengelilingi hidup Anda dengan orang-orang yang positif, yang bisa meningkatkan kepercayaan diri Anda.
 
3.       Terlalu ambil pusing dengan apa kata orang. Sampai kapan Anda terus mendengar kata orang? Anda perlu berdiri sendiri dan melakukan hal sendiri, tanpa peduli apa kata orang. Orang lain hanya bisa berkomentar. Pada kenyataanya, Andalah yang beraksi.
 
4.       Mencoba menguasai semuanya. Anda sebaiknya berfokus pada satu hal yang Anda sukai. Mencoba menguasai semua bidang hanya akan membuat Anda depresi.
 
5.       Memilih cara yang aman. Untuk berhasil, Anda harus berani keluar dari zona nyaman Anda. Cobalah cari sedikit tantangan.
 
6.       Jangan biarkan orang lain tahu apa yang Anda pikirkan dan rasakan. Setidaknya, tidak semua orang yang Anda kenal.
 
7.       Takut mengambil resiko.
 
8.       Hanya memikirkan orang lain dan melupakan diri Anda sendiri. Peduli dengan orang lain memanglah penting, tapi Anda jauh lebih penting daripada siapapun!
 
9.       Susah membuat orang lain menyukai Anda. Jadilah seseorang yang menyenangkan yang mudah disenangi orang lain. Jangan membuat batas dalam diri Anda agar Anda tidak disukai orang-orang.
 
10.   Melupakan waktu keluarga. Seberapa sibukpun diri Anda, keluarga tetaplah yang terpenting. Jangan pernah lupakan hal itu.
 
11.   Menghabiskan semua waktu luang Anda di rumah. Anda perlu keluar dan bersosialisasi serta mencari teman-teman baru.
 
12.   Terlalu terburu-buru. Sabar. Semuanya butuh proses. 
 
13.   Terlalu keras pada diri sendiri. Memang bagus menetapkan disiplin untuk diri sendiri. Tapi terlalu keras pada diri sendiri juga tidak bagus. Itu hanya akan terlihat semacam penyiksaan diri.
 
14.   Terlalu takut membuat kesalahan. Berhati-hati itu memang harus. Tapi jika Anda terlalu takut melakukan kesalahan, Anda tidak akan pernah belajar.
 
15.   Mengatakan pada diri sendiri bahwa Anda tidak bisa. Anda pasti gagal. Hal yang selalu Anda katakan akan masuk dengan mudahnya kea lam bawah sadar Anda.
 
16.   Membandingkan diri Anda dengan yang lainnya. Tidak ada salahnya menjadikan orang lain sebagai motivasi. Tapi juga jangan terlalu membandingkan karena Anda hanya akan selalu terlihat takut dan merasa bahwa Anda tidak sebagus orang lain.
 
17.   Hidup di masa lalu. Jadikan masa lalu sebagai pembelajaran. Hiduplah di masa sekarang dan lihatlah ke masa depan.
 
18.   Menangisi betapa buruknya hidup Anda. Tidak ada orang yang lebih berbahagia daripada orang yang bisa bersyukur dan berterima kasih atas apa yang mereka miliki dalam hidup.
 
19.   Menyimpan dendam. Lupakan kesalahan yang telah dilakukan orang lain di masa lalu. Jangan membenci apalagi menyimpan dendam. Anda tahu Anda lebih baik daripada itu.
 
20.   Membeli dan menyimpan barang-barang yang tidak penting.
 
21.   Melakukan semua hal sendiri. Anda perlu bantuan orang lain, seberapa kecilpun itu. Anda tidak mungkin melakukan semuanya sendiri tanpa menerima bantuan dari orang lain.
 
22.   Mencoba menjadi sempurna. Tidak ada salahnya jika Anda ingin melakukan semua hal dengan baik dan menjadi yang terbaik. Tapi Anda perlu tahu bahwa tidak ada manusia yang sempurna.
 
23.   Meminta orang lain melakukan pekerjaan Anda. Tidak ada salahnya meminta bantuan orang lain, tapi melemparkan tanggung jawab kepada orang lain? Oh no…
 
24.   Membuat janji yang tidak bisa Anda tepati. Ada beberapa orang yang senang mengumbar janji, padahal dia sendiri tidak tahu apakah dia bisa menepatinya atau tidak. Saran untuk Anda : jangan membuat janji jika Anda sendiri masih ragu tentang hal itu.
 
25.   Berpikir negatif. Mengantisipasi kemungkinan terburuk tidak ada salahnya, tapi Anda perlu berpikir positif dan yakin terhadap apa yang Anda lakukan. Jangan pesimis.
 
26.   Malu. Jadilah orang yang percaya diri. Singkirkan rasa takut dan rasa malu itu.
 
27.   Membuat kesalahan yang sama, lagi dan lagi. Sekali berbuat salah itu wajar. Tapi jika Anda melakukan kesalahan yang sama, berkali-kali? Mungkin Anda terlalu tidak hati-hati.
 
28.   Mudah putus asa. Jika gagal? Bangkit lagi! Jangan mudah putus asa. Kegagalan bisa berarti kesuksesan yang tertunda.

No comments:

Post a Comment

Pages