LANJUT ATAU BERPISAH aja?

Tidak peduli apakah Anda sudah menjalani hubungan Anda selama 2 bulan, 2 bulan, atau 20 bulan, membuat keputusan untuk tetap bertahan atau untuk meninggalkan hubungan Anda merupakan salah satu keputusan yang terpenting yang akan Anda buat.
 
Dalam Artikel ini, Anda akan mendapatkan beberapa pertanyaan yang perlu Anda tanyakan pada diri Anda – apakah Anda ingin tetap lanjut atau bercerai dengannya. Ambil beberapa waktu untuk melihat semua hal ini dan tulis apa respon Anda sebelum Anda menghakiminya. Jika pasangan Anda bersedia, ajak dia untuk melakukannya bersama dengan Anda, jawab pertanyaan berikut dengan baik, dan bandingkan  jawaban Anda berdua. Jika Anda ingin mengetahui apakah lebih baik Anda tetap mempertahankan hubungan ini atau tidak, jawaban Anda akan memberikan Anda suatu hal yang akan menentukan keputusan apa yang terbaik untuk Anda.
 
1.       Mengapa saya ingin putus darinya?
Apakah Anda sudah tidak mencintainya? Apakah Anda merasa sudah tidak nyaman berada di dekatnya? Atau apakah Anda mempunyai orang ketiga dalam hubungan Anda?
 
2.       Apa alasan Anda ingin mundur dari hubungan ini?
Anda perlu tahu mengapa Anda ingin hubungan Anda dengannya segera berakhir. Apa masalah yang sedang Anda hadapi dan apakah masalah itu bisa diselesaikan dengan  cara lain selain putus.
 
3.       Apa hal lain yang penting yang perlu Anda pertimbangkan dalam membuat keputusan ini?
Anda perlu memikirkan tentang diri Anda dan anak-anak Anda (jika ada), keuangan Anda, kesehatan, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan kehidupan. Contohnya : “Jika saya mempertahankan hubungan ini, saya tidak akan bisa mencapai tujuan saya yang lainnya, dan saya rasa hubungan ini perlu diakhiri.”
 
4.       Apa perasaan orang lain jika saya mengakhiri hubungan ini?
Anda tidak akan pernah tahu bahwa mungkin ada beberapa orang yang akan ikut merasakan dampaknya  jika Anda mengakhiri hubungan dengan pasangan Anda. Misalnya, orang tua Anda dan keluarga Anda yang sudah sangat menyukai pasangan Anda-  mereka mungkin akan sangat kecewa jika hubungan Anda dan pasangan berakhir begitu saja.

5.       Jika Anda mempunyai anak-anak, apakah mereka akan mengerti perpisahan antara Anda dan pasangan?
Anda tidak hanya harus memikirkan diri Anda, tapi juga anak-anak Anda. Apa yang akan dia rasakan jika dia harus kehilangan salah satu orang tuanya? Apakah dia sudah siap menerima perpisahan Anda dan pasangan? Apakah dia akan mengalami depresi atau semacamnya?

6.       Apakah ada komitmen yang Anda pegang dan Anda lepaskan jika Anda berpisah darinya dan bagaimana rasanya?
Sebuah komitmen dalam pernikahan adalah hal yang sangat penting. Apakah setelah bercerai nanti, ada komitmen yang akan Anda ubah, Anda pegang atau lepaskan?

7.       Seberapa penting cinta dalam hidup Anda?
Apakah menurut Anda, cinta itu adalah suatu hal  yang penting? Apakah ada yang lebih penting dalam hidup Anda selain hubungan Anda dan pasangan Anda?

8.       Apakah ada kesempatan bagi Anda untuk memperbaiki hubungan Anda?
Tanyakan pada diri Anda sendiri dan diskusi dengan pasangan Anda apakah Anda dan pasangan bisa memperbaiki hal-hal yang tidak beres dalam hubungan Anda. Apa yang terjadi sampai Anda harus berpisah? Apakah tidak bisa dibicarakan secara baik-baik?

9.       Apa yang telah berubah dalam diri Anda dan pasangan dan apa yang Anda inginkan?
Pasti ada sesuatu dalam diri Anda atau pasangan yang membuat Anda ingin berpisah darinya. Seberapa besar dan seberapa banyak hal-hal berubah dalam diri Anda? Apa yang Anda inginkan dalam diri pasangan Anda? Apa saa perubahan yang Anda inginkan?

10.   Apa resiko jika Anda tetap bertahan dan jika Anda berpisah?
Anda perlu mengetahui apa resiko dan kemungkinan terburuk yang akan Anda alami jika Anda tetap bertahan dalam hubungan dan jika Anda berpisah darinya. Lalu coba lihat dan pikirkan kembali matang-matang. Cari tahu apa yang terbaik untuk Anda sekarang.

Tidak ada orang yang menyukai perpisahan. Pikirkan baik-baik sebelum Anda mengambil keputusan. 

No comments:

Post a Comment

Pages